RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK BHINNEKA
BANDAR LAMPUNG
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII / 5
Pertemuan ke : 1, 2, 3, 4
Alokasi waktu : 8 x 45menit
Standar kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara
Level Intermediate.
Kompetensi Dasar : 3.1 Memahami monolog yang muncul pada situasi kerja tertentu.
Indikator :
1. Menemukan informasi umum yang terkait dengan
monolog yang tertulis.
2. Menemukan informasi rinci yang terkait dengan monolog yang tertulis.
3. Menuliskan kembali isi monolog dalam bentuk summary (rangkuman).
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menemukan informasi umum yang terkait dengan monolog
yang tertulis.
2. Siswa dapat menemukan informasi rinci yang terkait dengan monolog
yang tertulis.
3. Siswa dapat menemukan antonim dan synonym dari teks.
4. Siswa dapat mengidentifikasi informasi dari monolog yang
diperdengarkan.
5. Siswa dapat menceritakan kembali isi monolog dalam bentuk summary
(rangkuman).
II. Materi Ajar
-
Teks monolog (reports,
announcements, advertisements, manual instruction, dsb).
-
Antonym dan synonym.
-
Relevant vocabulary
-
Affixes: prefixes,
suffixes.
III. Metode
Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Pemberian tugas
3. Diskusi
IV. Langkah-langkah
Pembelajaran
A. Pertemuan ke-1
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Mengulas kembali pelajaran serupa dari kelas XI
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran
d. Orientasi:
Guru memberi contoh manfaat materi dalam kehidupan sehari-hari
e. Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1)
Guru meminta siswa membaca teks report secara
bergantian
2)
Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan bacaan.
3) Guru
mengajak siswa untuk membahas bacaan dan menjawab pertanyaan.
4) Siswa
mengidentifikasi antonim dan synonym kata dalam bacaan.
b. Elaborasi
1)
Salah satu siswa menanyakan informasi rinci, sinonim
atau antonim dari teks
2)
Siswa yang lain diminta untuk menjawab pertanyaan
tersebut
3)
Siswa yang menjawab dipilih secara acak
c. Konfirmasi
1)
Guru memberikan daftar kata untuk dicari padanan atau
lawan katanya
2)
Siswa menyelesaikan tugas tersebut secara tertulis
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang materi berikutnya
B. Pertemuan ke-2
1. Kegiatan
awal:
1) Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
2) Guru
memeriksa kehadiran siswa
3) Apersepsi
-
Mengulas kembali pelajaran sebelumnya
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran pada pertemuan ini
4) Orientasi:
Guru memberi
contoh manfaat materi pembelajaran pada pertemuan ini dalam kehidupan
sehari-hari
5) Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1)
Guru memberikan sebuah pertanyaan kepada seluruh siswa
tentang advertisement.
2)
Siswa diminta untuk menyebutkan berbagai jenis advertisement
b. Elaborasi
1)
Siswa menulis pertanyaan yang tertulis di papan tulis
2)
Siswa diberi waktu untuk memahami pertanyaan tersebut
3)
Guru membacakan sebuah teks advertisement
4)
Siswa diminta untuk mendengarkan sambil menjawab
pertanyaan berdasarkan teks yang dibacakan guru.
5)
Siswa bersama guru membahas jawaban pertanyaan
tersebut.
c. Konfirmasi
1)
Siswa kembali menulis pertanyaan yang tertulis di papan
tulis
2)
Siswa diberi waktu untuk memahami pertanyaan tersebut
3)
Guru membacakan sebuah teks advertisement
4)
Siswa diminta untuk mendengarkan sambil menjawab
pertanyaan berdasarkan teks yang dibacakan guru.
5)
Jawaban siswa dievaluasi dalam kelas dan diberi skor
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang materi
berikutnya
C. Pertemuan ke-3
1. Kegiatan
awal:
1) Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
2) Guru
memeriksa kehadiran siswa
3) Apersepsi
-
Mengulas kembali pelajaran sebelumnya
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran pada pertemuan ini
4) Orientasi:
Guru memberi
contoh manfaat materi pembelajaran pada pertemuan ini dalam kehidupan
sehari-hari
5) Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1)
Guru memberikan sebuah pertanyaan kepada seluruh siswa
tentang manual.
2)
Siswa diminta untuk menyebutkan berbagai jenis manual yang ada kehidupan sehari-hari.
b. Elaborasi
1) Siswa diminta untuk membaca teks manual instruction
2) Siswa diajak untuk membahas bacaan.
3) Guru
memberikan daftar kata untuk dicari padanan atau lawan katanya
4) Guru membahas antonim dan synonym kata
dalam bacaan.
c. Konfirmasi
1) Siswa diminta untuk menceritakan kembali manual instruction yang ada di teks
secara lisan.
2) Guru memberikan komentar dan koreksi bila
perlu
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
V. Alat
dan Sumber Belajar
Alat:
1. Spidol
2. Papan tulis
3. penghapus
Sumber belajar:
1. English for Vocational School book 3.
2. The universe of English 3.
English dictionary.
VI. Evaluasi
Soal
tes terlampir
Bandar Lampung,
Kepala SMK Bhinneka Bandar Lampung Guru Mata Diklat
Drs. Murdiman widianasari.S.Pd
NIP. 19600123 199203 1001
Sangat membantu trimakasih.
BalasHapus