RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMK BHINNEKA
BANDAR LAMPUNG
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII / 5
Pertemuan ke : 5, 6, 7, 8
Alokasi waktu : 8 x 45menit
Standar kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara
Level Intermediate.
Kompetensi Dasar : 3.2 Memahami percakapan terbatas dengan penutur asli
Indikator
:
1.
Ungkapan-ungkapan untuk membuat reservasi yang dilakukan oleh penutur asli
ditanggapi dengan tepat
2.
Ungkapan-ungkapan untuk mengajukan keluhan yang dilakukan oleh penutur asli ditanggapi dengan tepat.
3.
Ungkapan-ungkapan untuk membuat kesepakatan (arrangement) digunakan dengan tepat.
4.
Ungkapan-ungkapan untuk memastikan dan membatalkan kesepakatan dilakukan
dengan tepat. Ungkapan-ungkapan untuk menyatakan
keinginan atau situasi yang tidak nyata baik untuk masa depan,
masa kini atau masa lampau (conditional sentences and subjunctive wish) digunakan dengan tepat.
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menggunakan ungkapan untuk membuat reservasi dengan tepat.
2. Siswa dapat menggunakan ungkapan untuk mengajukan keluhan dengan tepat.
3. Siswa dapat menggunakan ungkapan untuk membuat kesepakatan.
4. Siswa dapat menggunakan
ungkapan untuk memastikan
dan membatalkan kesepakatan dengan tepat.
5. Siswa dapat menggunakan ungkapan untuk menyatakan keinginan atau
situasi yang
tidak nyata baik untuk masa
depan, masa kini atau masa lampau dengan tepat.
II. Materi Ajar
Ø Percakapan di telepon tentang reservasi
Can I book two
rooms for Saturday night, please?
Ø Response to complaints
o
I am very sorry, Sir
Ø Expressions dealing with arrangementt
o
What about tonight?
o
I’m sorry. I have got
something to do tomorrow. What about Sunday?
Ø Expressions dealing with confirmation and cancellation:
o
I’d like to confirm my
flight to Singapore.
o
I regret to tell you
that I have to cancel our appointment.
Ø Expressions dealing with unreal condition.
o
If you came, you would
see him.
Ø Subjunctives with wish, if only, would rather.
Ø Answering typical questions asked in interviews
o
My name is....
o
I apply for this
position because ...
o
I’m interested in
working here because ...
III. Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya jawab
3. Pemberian tugas
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pertemuan ke-5
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran
d. Orientasi:
Guru memberi contoh manfaat materi dalam kehidupan sehari-hari
e. Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1) Guru meminta siswa membaca dialog
reservasi
2) Guru mengajak siswa untuk membahas bacaan
3) Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
tentang arti kata yang belum dimengerti
4) Guru menerangkan berbagai ekspresi
reservasi adan cara menanggapinya
b. Elaborasi
1) Siswa diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang informasi umum dari bacaan
2) Siswa diminta untuk menjawab beberapa
pertanyaan tentang informasi rinci dari
bacaan
c. Konfirmasi
1) Guru meminta siswa untuk membuat dialog
pendek yang berhubungan dengan reservasi secara berpasangan.
2) Guru meminta siswa untuk berdialog maju
kedepan untuk membacakan hasil dialog tersebut.
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
B. Pertemuan ke-6
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran
d. Orientasi:
Guru memberi contoh manfaat materi dalam kehidupan sehari-hari
e. Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1) Guru meminta siswa membaca dialog keluhan
2) Guru mengajak siswa untuk membahas bacaan
3) Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
tentang arti kata yang belum dimengerti
4) Guru menerangkan berbagai ekspresi keluhan
adan cara menanggapinya
b. Elaborasi
1) Guru memberikan contoh beberapa kalimat
keluhan dan memberikan penanganan untuk keluhan tersebut.
2) Siswa diminta untuk membuat kalimat
keluhan dan bagaimana cara menanganinya.
3) Guru bersama siswa membahas
kalimat-kalimat yang telah dibuat.
c. Konfirmasi
1) Siswa diminta untuk membuat dialog pendek
yang berhubungan dengan keluhan secara berpasangan.
2) Siswa diminta membacakan hasil dialog
tersebut.
3) Guru memberikan komentar dan koreksi jika
diperlukan.
3. Kegiatan
akhir:
a. Guru
menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
C. Pertemuan ke-7
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran
d. Orientasi:
Guru memberi contoh manfaat materi dalam kehidupan sehari-hari
e. Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1) Guru meminta siswa membaca dialog tentang
kesepakatan
2) Siswa diajak untuk membahas bacaan
3) Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
tentang arti kata yang belum dimengerti
4) Guru memberikan penekanan vocabulary
tertentu yang berhubungan dengan membuat dan membatalkan kesepakatan.
5) Guru menerangkan berbagai ekspresi kesepakatan
dan cara menanggapinya
b. Elaborasi
1) Siswa diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang informasi umum dari bacaan
2) Siswa diminta untuk menjawab beberapa
pertanyaan tentang informasi rinci dari
bacaan
c. Konfirmasi
1) Siswa diminta untuk mengisi bagian kosong
dari suatu kalimat
2) Guru membahas isian dari kalimat-kalimat
kosong tersebut.
3) Guru bersama siswa untu menerjemahkan
kalimat-kalimat tersebut secara langsung.
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
D. Pertemuan ke-8
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran Conditional Sentence dan
Subjunctive Wish
d. Orientasi:
-
Guru memberi contoh manfaat materi Conditional Sentence dan Subjunctive Wish dalam kehidupan
sehari-hari
e. Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1) Guru mengulas kembali materi Conditional Sentence type 1&2 yang telah diberikan di kelas XI
2) Guru
memberikan contoh kalimat Conditional Sentence type 3
3) Siswa diminta untuk mengidentifikasi
struktur Conditional Sentence type 3 dan
membedakannya dengan tipe 2 atau 3.
b. Elaborasi
1) Siswa diminta untuk berlatih menyusun
contoh kalimat Conditional Sentence type
3 sendiri
2) Kalimat siswa disampaikan/ ditulis di papan
tulis.
3) Guru memberikan koreksi jika ada kesalahan
c. Konfirmasi
1) Siswa diminta untuk mengisi bagian kosong
dari suatu kalimat
2) Siswa diminta untuk membedakan beberapa
kalimat apakah termasuk Conditional
Sentence tipe 1, 2 atau 3.
3) Guru mengevaluasi hasil kerja siswa.
3. Kegiatan
akhir:
a. Guru
menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
V.
Alat dan Sumber Belajar
Alat:
1. Spidol
2. Papan tulis
3. penghapus
Sumber belajar:
1. English for Vocational School book 3.
2. The universe of English 3.
3. English dictionary.
VI.
Evaluasi
Soal
tes terlampir
Bandar
Lampung,
Kepala SMK Bhinneka Bandar Lampung Guru Mata Diklat
Drs. Murdiman widianasari.S.Pd
NIP. 19600123 199203 1001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar