RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SMK
BHINNEKA BANDAR LAMPUNG
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XII / 6
Pertemuan ke : 15, 16
Alokasi waktu : 6 x 45menit
Standar
kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate.
Kompetensi Dasar
: 3.6 Memahami dokumen–dokumen teknis
Indikator :
·
Menemukan isi dokumen teknis/ Standard Operating Procedure (SOP) dengan benar
·
Menceritakan kembali isi dokumen teknis/ Standard Operating
Procedure (SOP) dengan benar
I. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menjawab pertanyaan yang terkait
dengan isi dokumen teknis/ Standard Operating Procedure (SOP) dengan benar.
2. Siswa dapat membuat dokumen
teknis/ Standard Operating Procedure (SOP).
3.
Siswa dapat menemukan antonym dan
synonym dari teks bacaan.
5.
Siswa dapat menceritakan kembali isi
dokumen teknis/ Standard Operating Procedure (SOP) di tempat kerja dengan kata
– kata sendiri dengan benar.
II. Materi Ajar
1.
Dokumen
teknis/ Standard Operating Procedure (SOP) from a specific workplace
(receptionist, waiter, etc)
2. Relevant vocabulary
III. Metode Pembelajaran
1. Tanya jawab
2. Pemberian tugas
3. Diskusi
IV.
Langkah-langkah Pembelajaran
A. Pertemuan ke-15
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran
d. Orientasi:
Guru memberi contoh manfaat memahami dokumen teknis (passport) dalam kehidupan
sehari-hari
e. Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1) Guru memberikan contoh dokumen
teknis (passport)
2) Guru memberikan beberapa pertanyaan
tentang isi dokumen teknis (passport)
b. Elaborasi
1) Siswa diberi waktu untuk membaca/ memahami
dokumen teknis (passport) yang
telah disediakan
2) Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan
kata-kata yang belum dipahami
3) Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan dokumen
teknis (passport)
c. Konfirmasi
1) Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan
(informasi rinci) dari dokumen teknis (passport)
2) Jawaban didiskusikan bersama dan Guru
memeberikan komentar dan koreksi
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
B. Pertemuan ke-16
1. Kegiatan
awal:
a. Guru
membuka pelajaran dengan ucapan salam
b. Guru
memeriksa kehadiran siswa
c. Apersepsi
-
Guru memberi penjelasan tentang tujuan
pembelajaran
d. Orientasi:
Guru memberi contoh manfaat memahami isi kartu garansi (waranty card) dalam kehidupan sehari-hari
e. Guru
memberikan motivasi
2. Kegiatan
inti:
a. Eksplorasi
1) Guru memberikan contoh manual sesuai
dengan program keahlian
2) Guru memberikan beberapa pertanyaan
tentang isi kartu garansi (waranty card)
b. Elaborasi
1) Siswa diberi waktu untuk membaca kartu
garansi (waranty card) berbahasa
Inggris yang telah disediakan
2) Siswa diberi kesempatan untuk menanyakan
kata-kata yang belum dipahami
3) Siswa berlatih menyampaikan kembali isi kartu
garansi (waranty card)
c. Konfirmasi
1) Siswa diminta untuk menyampaikan kembali
isi kartu garansi (waranty card) secara lisan.
2) Guru memberikan komentar, penilaian dan
koreksi secara langsung.
3. Kegiatan
akhir:
a.
Guru menyimpulkan pelajaran
b.
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
materi berikutnya
V.
Alat / Bahan / Sumber Belajar
1. English for Vocational School book 3.
2. The universe of English 3.
3. Modul Mentari 3.
4. Modul Sekawan 3.
5. English dictionary.
VI.
Penilaian
1. Tes lisan : Menyampaikan kembali isi dokumen teknis tertentu.
2. Tes tertulis : Menjawab pertanyaan berdasarkan dokumen teknis tertentu.
VII.
Evaluasi
(Terlampir)
Bandar
Lampung,
Kepala SMK Bhinneka Bandar Lampung Guru Mata Diklat
Drs. Murdiman widianasari.S.Pd
NIP. 19600123 199203 1001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar