Selasa, 01 November 2011

RPP Bahasa Inggris XII-KD 7 SMK


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                   :     SMK BHINNEKA BANDAR LAMPUNG
Mata Pelajaran        :     Bahasa Inggris
Kelas/Semester        :     XII / 6
Pertemuan ke          :     18, 19, 20
Alokasi waktu         :     6 x 45menit
Standar kompetensi      :         Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Intermediate.
Kompetensi Dasar  :      3.7 Menulis surat bisnis dan laporan sederhana
Indikator                 :    
  • Surat-surat bisnis pesanan (letter of Enquiry) dibuat secara sederhana.
  • Surat-surat bisnis keluhan (Letter of Complaint) dibalas secara tertulis dengan benar.
  • Iklan lowongan pekerjaan direspon dengan membuat surat lamaran dengan benar.

I.      Tujuan Pembelajaran
1.   Siswa dapat membuat surat – surat bisnis (tawaran, pesanan, enquiry, etc) sederhana.
2.   Siswa dapat membuat balasan surat – surat bisnis (tawaran, pesanan, enquiry, etc)
      dengan benar.
3.   Siswa dapat menanggapi iklan lowongan pekerjaan dengan membuat surat lamaran.
4.   Siswa dapat menemukan antonym dan synonym dari teks.

II.    Materi Ajar
1.             Samples of business letters.
2.             Parts of a letter :
- The letter head
- Date
- Inside address
- Opening salutation
- Signature
3.             Samples of advertisement on job vacancy
4.             Samples of letters of application

III. Metode Pembelajaran
1.    Tanya jawab
2.    Pemberian tugas
3.    Diskusi

III.     Langkah-langkah Pembelajaran
A.  Pertemuan ke-18
1.    Kegiatan awal:
a.    Guru membuka pelajaran dengan ucapan salam
b.    Guru memeriksa kehadiran siswa
c.    Apersepsi
-     Guru memberi penjelasan tentang tujuan pembelajaran
d.   Orientasi: Guru memberi pengantar materi tentang surat pesanan (letter of inquiry)
2.    Kegiatan inti:
a.    Eksplorasi
1)   Guru meminta siswa membaca sebuah  surat pesanan (letter of inquiry)
2)   Guru memberikan beberapa pertanyaan tentang isi (letter of inquiry)
3)   Siswa dan guru membahas sinonim dari beberapa kata yang ada di teks
b.    Elaborasi
1)   Siswa diminta untuk menjawab beberapa berdasarkan teks/ surat pesanan (letter of inquiry)
2)   Guru mengajak siswa membahas jawaban dari pertanyaan tersebut
c.    Konfirmasi
1)   Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan (informasi rinci) dari surat pesanan (letter of inquiry)
2)   Siswa diperbolehkan mencari arti kata dari kamus, mengingat banyak kata/ istilah baru.
3.    Kegiatan akhir:
a.    Guru menyimpulkan pelajaran
b.   Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.    Guru memberikan penjelasan singkat tentang materi berikutnya

B.  Pertemuan ke-19
1.    Kegiatan awal:
a.    Guru membuka pelajaran dengan ucapan salam
b.    Guru memeriksa kehadiran siswa
c.    Apersepsi
-     Guru memberi penjelasan tentang tujuan pembelajaran
d.   Orientasi: Guru memberi pengantar materi tentang surat keluhan (letter of complaint)
2.    Kegiatan inti:
a.    Eksplorasi
1)   Guru meminta siswa membaca sebuah  surat keluhan (letter of complaint)
2)   Guru memberikan beberapa pertanyaan tentang isi surat keluhan (letter of complaint)
3)    Siswa dan guru membahas sinonim dari beberapa kata yang ada di teks
b.    Elaborasi
1)   Siswa diminta untuk menjawab beberapa berdasarkan teks/ surat keluhan (letter of complaint)
2)   Guru mengajak siswa membahas jawaban dari pertanyaan tersebut
c.    Konfirmasi
1)   Siswa diminta untuk menjawab pertanyaan (informasi rinci) dari surat keluhan (letter of complaint)
2)   Siswa diperbolehkan mencari arti kata dari kamus, mengingat banyak kata/ istilah baru.
3.    Kegiatan akhir:
a.    Guru menyimpulkan pelajaran
b.   Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.    Guru memberikan penjelasan singkat tentang materi berikutnya

C.  Pertemuan ke-20
1.    Kegiatan awal:
a.    Guru membuka pelajaran dengan ucapan salam
b.    Guru memeriksa kehadiran siswa
c.    Apersepsi
-     Guru memberi penjelasan tentang tujuan pembelajaran
d.   Orientasi: Guru memberi pengantar materi tentang surat lamaran kerja (application letter)
2.    Kegiatan inti:
a.    Eksplorasi
1)   Guru meminta siswa membaca sebuah  surat lamaran kerja (application letter).
2)   Guru memberikan beberapa pertanyaan tentang isi surat lamaran kerja (application letter).
3)   Guru memberikan contoh cara menulis surat lamaran kerja.
b.    Elaborasi
1)   Siswa diminta untuk menjawab beberapa berdasarkan teks/ surat lamaran kerja (application letter)
2)   Guru mengajak siswa membahas jawaban dari pertanyaan tersebut
c.    Konfirmasi
1)   Guru menyediakan contoh lowongan pekerjaan
2)   Siswa diminta untuk menyusun surat lamaran kerja (application letter) untuk melamar lowongan tersebut.
3.    Kegiatan akhir:
a.    Guru menyimpulkan pelajaran
b.   Siswa diberi kesempatan untuk bertanya
c.    Guru memberikan penjelasan singkat tentang materi berikutnya


IV.     Alat / Bahan / Sumber Belajar
        Alat:
1.    Spidol
2.    Papan tulis
3.    penghapus
        Sumber belajar:             
1.    English for Vocational School book 3.
2.    The universe of English 3.
3.    English dictionary.

V.        Penilaian
1. Tes lisan      : Menceritakan kembali isi dari surat bisnis/ pribadi.
2. Tes tertulis   : Menulis surat lamaran

VI.     Evaluasi
(Terlampir)



                                                                                                            Bandar Lampung,
Kepala SMK Bhinneka Bandar Lampung                                          Guru Mata Diklat



          

                       
  Drs. Murdiman                                                                               widianasari.S.Pd
  NIP. 19600123 199203 1001                                        















Tidak ada komentar:

Posting Komentar